Translate

Minggu, 27 Desember 2015

TUGAS UTS

LAPORAN FIELD STUDY DI MUSIUM RONGGOWARSITO SEMARANG
Hari, tanggal: Ahad, 22 November 2015
Oleh : Ahmad Fadlan Choirul Anam (133511063)*
Benda-Benda di Dalam Musium Ronggowarsito
Berdasarkan kunjungan yang saya lakukan di musin Ronggowarsito Semarang, saya membagi benda-benda yang ada di dalam musium ke dalam beberapa kelompok, yaitu:
1.      Kelompok benda-benda Prasejarah
2.      Kelompok benda-benda sejarah Hindu-Budha
3.      Kelompok benda-benda sejarah Islam Jawa
4.      Kelompok benda-benda sejarah kolonial Belanda
5.      Kelompok benda-benda sejarah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan
6.      Kelompok benda-benda kesenian dan adat
7.      Kelompok benda-benda lain
Interpretasi Interelasi Nilai Jawa-Islam Pada Peninggalan Sejarah Islam di Jawa (Masjid Agung Demak) dari segi arsitektur
Dok. Penulis
Masjid Agung Demak merupakan satu dari sekian banyak peninggalan kebudayaan Islam di Jawa Tengah pada khususnya, dan di Indonesia umumnya. Masjid ini didirikan oleh para Walisongo pada tahun 1401 masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi perkembangan agama Islam di tanah air tepatnya pada masa kerajaan Demak.
Dari segi arsitekturnya masjid agung Demak menyimpan berbagai nilai filosofi. Diantara bagian-bagian masjid dan ornamen yang bermakna secara filosofis yaitu 1) bangunan masjid berbentuk segi empat dengan empat buah sudut dan empat buah soko atau tiang. 2) bangunan atap berbentuk limas susun tiga, 3) terdapat semacam mustaka di bagian paling atas atap masjid.
1)      Bangunan masjid berbentuk segi empat dengan empat buah sudut dan empat tiang artinya bahwa walisongo menganut madzhab empat yaitu Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah.
2)      Bangunan atap berbentuk limas susun tiga maksudnya adalah dalam Islam terdapat tiga pokok ajaran Islam yaitu iman, islam, dan ihsan.
3)      Mustaka di bagian atas maknanya yaitu puncak kekuasaan tertinggi hanyalah Allah SWT.
Demikian laporan saya buat dengan harapan semoga bermanfaat.

*Aktif kuliah di Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Penulis menulis laporan ini sebagai tugas UTS pada mata kuliah Islam dan Budaya Jawa yang diampu oleh Bapak Rikza Chamami, M.S.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar